Balinale 2022 Sajikan 63 Film dari 26 Negara.

posted in: News
Balinale 2022 Sajikan 63 Film dari 26 Negara.

DENPASAR, Jakarta.Suaramerdeka.com, – Bali International Film Festival (Balinale) 2022 edisi tahun ke-15 berlangsung dari 9-12 Juni 2022, memadukan film-film yang diputar di bioskop dan kanal online. Festival tahunan yang menghadirkan hiburan luar biasa berkualitas, independen serta mampu
menggugah pikiran.

Festival dengan beragam film pendek peraih penghargaan, film cerita panjang, dan film dokumenter dari Indonesia maupun penjuru dunia. Program resmi festival mencakup 63 film cerita panjang dan pendek yang mewakili 26 negara.

Festival Balinale menghadirkan juri-juri dengan kompetensi pemahaman teknis, artistik, filmis
yang mumpuni. Mereka bekerja untuk menentukan pilihan terbaik untuk film-film cerita panjang, film pendek, maupun dokumenter dengan kategori kompetisi film sebagai berikut:

Film Dokumenter:

  1. Lamafa (Kujirabito), Sutradara: Bon Ishikawa (Jepang)
  2. Bucolic (Bukolika), Sutradara: Karol Palka (Polandia)
  3. My Childhood, My Country – 20 Years in Afghanistan, Sutradara: Phil Grabsky, Shoaib Sharifi (Inggris)
  4. Mentawai – Souls of the Forest, Sutradara: Joo Peter (Jerman).

Film Cerita Panjang:

  1. The Coffin Painter, Sutradara: Da Fei (Cina)
  2. Inside a Funeral Hall, Sutradara: Ho-hyun Lee (Korea)
  3. Solo on Iceburgs, Sutradara: Rouhollah Sedighi (Iran)
  4. Preman, Sutradara: Randolf Zaini (Indonesia).

Film Dokumenter Pendek:

  1. Young and the Reckless, Sutradara: Johnny Agnew (Selandia Baru)
  2. Dusk Till Dawn (Da Boca da Noite Barra do Dia), Sutradara: Tiago Delácio (Brasil)
  3. The 13th Note, Sutradara: Karim Khorsheed (Amerika Serikat)
  4. A Letter To My Wife, Sutradara: Muhamad Ardan Arrazaq (Indonesia)
  5. Homebound, Sutradara: Ismail Fahmi Lubis (Indonesia).

Film Cerita Pendek:

  1. The Recess, Sutradara: Navid Nikkhah Azad (Spanyol)
  2. Ruthless, Sutradara: Matthew McGuigan (Inggris)
  3. The Miniaturist of Junagadh, Sutradara: Kaushal Oza (India)
  4. Why Is It So Warm on Christmas?, Sutradara: Choi Woo Gene (Korea)
  5. Murder Tongue, Sutradara: Ali Sohail Jaura (Pakistan)
  6. Tris, Sutradara: Djenar Maesa Ayu (Indonesia)

Adapun anggota Juri di antaranya Robert Chappell (Sinematografer, Sutradara), Ismail Basbeth (Produser, Sutradara & Penulis), IGP Wiranegara (Sutradara), Kelli Swazey (Penulis, Sutradara), Robin Gurney (Produser).
Balinale akan menjadi tuan rumah bagi para pembuat film pemenang penghargaan yang
menghadirkan karya mereka. Serta menyambut para profesional industri perfilman terkemuka, industri hiburan dan kreatif. Balinale 2022 tahun ini berlangsung di Cinema XXI, Beachwalk KutaBali.

Ismail Basbeth -sutradara, penulis, penyanyi, penulis lagu Alumni Berlinale Talent Campus dan Asian Film Academy di mana ia memenangkan BFC & SHOCS Scholarship Fund.

Sejak 2005, ia telah memproduseri dan menyutradarai berbagai film pendek dan fitur yang ditampilkan di festival film nasional dan internasional bergengsi. Film terbarunya Keluarga Cemara 2 akan menjadi film World Premiere dan menjadi film pembukaan Balinale 2022.

Robert Chappell – sinematografer, sutradara
Berkolaborasi dengan sutradara Errol Morris di film The Fog War yang memenangkan Academy Award untuk Film Dokumenter Fitur Terbaik (2003), serta banyak film dokumenter panjang lainnya. Yang terpopuler di antaranya
Prosedur Operasi Standar, tentang skandal penjara Abu Ghraib, Bobby Fischer Against The World, tentang pertandingan catur AS-Rusia yang menentukan, mini-seri, HILLARY, dan yang terbaru, MLK/FBI dengan Sam Pollard.

Randolf Zaini – penulis, sutradara
Membuat iklan, film pendek pemenang penghargaan, dan produksi teater langsung, serta penata suara. Dia telah menulis banyak skenario untuk sesama sutradara. Preman adalah debut penyutradaraan di Film Kompetisi Cerita Panjang di Balinale 2022.

Khiva Iskak – aktor, sutradara Dikenal karena penampilannya yang menonjol di Preman (2021), peran lainnya termasuk Gundala (2019) oleh Joko Anwar dan Bangkit! (2016) oleh Rako Prijanto. Khiva pernah menjadi nominasi Aktor Terbaik di Festival Film Indonesia dan Festival Film Tempo (2021).

Anji Sauvé Clubb -sutradara, produser
Pemenang Hadiah AICEF 2021 diberikan kepada pembuat film pertama atau kedua kali untuk film yang merangkul tema lintas budaya. Film dokumenternya Nomad Meets the City menceritakan kisah mantan penggembala kambing yang bekerja sebagaisopir truk sampah di Mongolia yang berusaha meningkatkan pendidikan putrinya.

Joo Peter – penulis, pembuat film, dosen
Gayanya dalam membangun hubungan yang erat dengan masyarakat Pribumi terlihat dalam penceritaannya. Bersama dengan produsernya Ilona Grundmann, yang juga bekerja dengan Werner Herzog, Mentawai – Souls of the
Forest adalah fitur dokumenter pertamanya Dalam Kompetisi di Balinale 2022.

Lee Hohyun – sutradara, penulis Lee telah bekerja di banyak film sebagai asisten sutradara. Filmnya Inside a Funeral Hall sedang tayang perdana di Balinale dan bersaing untuk Best Feature Narrative. Lulus pada jurusan Life Science di Universitas Cheongju. Inside a Funeral Hall dalam Film Kompetisi pada Balinale 2022.

Persembahan menarik di program Balinale 2022 adalah Making Waves: Navigators of Hong Kong Cinema. Program khusus sinema Hong Kong merayakan ulang tahun ke-25 Hong Kong SAR yang menampilkan enam (6) film Hong Kong baru maupun film-film klasik yang sudah direstrorasi.

Program ini juga menampilkan kecanggihan visual hologram secara live yang menarik (belum pernah hadir di Indonesia). Live event hologram menghadirkan pembuat film Hong Kong terkemuka Stanley Kwan, selanjutnya dilakukan pemutaran khusus film klasik karyanya, Rouge (1988) yang juga telah direstorasi.

Balinale selalu menjadi wadah bagi para pembuat film-film mutakhir, selalu menghadirkan program-program pelatihan dan peningkatan keterampilan para pembuat film melalui seminar yang mendorong pertumbuhan sinema lokal terus berkembang dan bertumbuh.

Afiliasi internasional yang didirikan untuk menunjukkan kemampuan film-maker Indonesia dan memberi mereka kesempatan menampilkan bakat mereka di program-program seperti AICEF Cross-Cultural Filmmaking Prize. Penghargaan ini ditetapkan pada tahun 2021. Tahun ini penghargaan akan diberikan kepada pembuat film Indonesia pertama atau kedua yang akan berpartisipasi dalam festival film Amerika Serikat dengan film mereka.

Balinale dengan bangga mengumumkan kolaborasi kreatif yang menarik dengan The Juilliard School (New York City – NYC). Kolaborasi ini akan diluncurkan dengan program yang disebut Art of the Score, satu program yang mendukung proyek antara komposer dan musisi mahasiswa Juilliard dan para pembuat film muda Indonesia yang bercita-cita tinggi dalam menciptakan musik orisinal.

source: https://jakarta.suaramerdeka.com/nasional/pr-1343563267/balinale-2022-sajikan-63-film-dari-26-negara