Pos Bali : Kadisparda Badung Terima Balinale

Bali International Film Festival (Balinale) merupakan ajang yang memberikan kesempatan kepada sineas Indonesia untuk mempresentasikan hasil kerjanya kepada dunia lokal dan internasional.

Hasil karya anak bangsa jarang dinikmati secara global karena sulit menembus level internaasional.

Hal ini dikatakan Deborah Gabinetti yang merupakan salah satu pendiri Balinale International Film Festival, saat diterima Kadisparda Badung, Cok Raka Darmawan di ruang pertemuan Dinas Pariwisata, Senin (3/2). “Diperlukan upaya untuk mempromosikannya salah satunya melalui BIFF,” ungkap Deborah.

Dikatakannya, tujuan ke pihak Disparda Badung ini salah satunya untuk mengucapkan terimakasih kepada Bupati Badung, A.A. Gde Agung yang telah memberikan apresiasi dan dukungannya memfasilitasi pelaksanaan BIFF Tahun 2013.

Dimana ketika itu digelar bersamaan dengan pelaksanaan KTT APEC sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar. “Selain itu juga kami mohon dukungan serta bantuannya kepada Pemerintah Kabupaten Badung untuk ikut memfasilitasi pelaksanaan BIFF 2014 yang akan dilaksanakan sekitar bulan Oktober 2014 mendatang di Kuta,“ kata Deborah.

Sementara Sekretaris BIFF Sundari memaparkan,  BIFF didirikan sekitar tahun 2007 oleh Yayasan Taksu Indonesia. Yayasan ini didirikan oleh Christine Hakim dan Deborah Gabinetti dan merupakan yayasan non pemerintah dan bersifat nirlaba.  “Dalam BIFF bukan hanya pemutaran film akan tetapi juga dilaksanakan kegiatan workshop membuat film, pelatihan acting seminar dan sebagainya. Workshop  membuat film, pelatihan acting ini dilaksanakan untuk umum dan siswa sekolah dengan narasumbernya dari artis ternama seperti Didi Petet,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, Kadisparda Badung, Cok Raka Darmawan menyambut baik pelaksanaan BIFF yang sudah memasuki tahun ke-7. “Pelaksanaan BIFF secara tidak langsung dapat mempromosikan keindahan Bali pada umumnya dan Badung khususnya melalui film,” kata Cok Darmawan.

Promosi pariwisata melalui film juga memegang peranan penting dalam upaya memperkenalkan keindahan alam, adat dan budaya Bali kepada dunia internasional. Salah satu buktinya dalam film Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Robert. Cok Darmawan mengharapkan dalam pelaksanaan BIFF tahun 2014 ini, pihak panitia berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Badung. C06