6 Film dalam Hong Kong Film Gala Presentation 2021

posted in: News

JAKARTA, KOMPAS.com — Asian Film Awards Academy (AFA Academy), bekerja sama dengan Bali International Film Festival (Balinale) akan menyelenggarakan Hong Kong Film Gala Presentation 2021. Pada kesempatan tersebut, AFA Academy akan menghadirkan enam film yang mewakili industri perfilman Hong Kong. Program tersebut diadakan secara gratis di Plaza Indonesia XXI, Jakarta mulai 5-7 November 2021. Acara Hong Kong Film Gala Presentation 2021 ini merupakan bagian dari program kerja Create Hong Kong (CreateHK) dan Film Development Fund (FDF), serta didukung oleh Kantor Ekonomi dan Perdagangan Hong Kong di Jakarta (HKETO Jakarta). Berikut daftar 6 film yang tersaji dalam acara tersebut:

  1. Septet: The Story of Hong Kong
    Septet merupakan film omnibus karya tujuh auteur (filmmaker) paling dihormati di Hong Kong. Mereka adalah Sammo HUNG, Ann HUI, Patrick TAM, YUEN Wo Ping, Johnnie TO, almarhum Ringo LAM dan Hark TSUI yang bekerja bersama menyusun simfoni cerita tentang kota mereka.
  2. Drifting
    Sutradara Jun LI hadir melalui film Drifting yang akan meninjau lebih dalam tentang topik para tunawisma. Film tersebut berbicara tentang keadilan yang dituntut para tuna wisma terhadap pemerintah.
  3. Better Days
    Better Days dari Derek TSANG bercerita tentang penanganan masalah sistem pendidikan Tionghoa dan kesalahan cara pandang terhadap bullying di sekolah. Film ini meraih delapan penghargaan termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Terbaik di Penghargaan Film Hong Kong ke-39.
  4. Keep Rolling
    Film dokumenter Keep Rolling menjadi bentuk apresiasi Man Lim-chung terhadap Ann Hui yang menginspirasi anak-anak muda berkreasi di industri perfilman. Hong Kong pernah memiliki sutradara perempuan Asia pertama penerima penghargaan Golden Horse Venesia atas Pengabdian Seumur Hidup (livetime Achievement).
  5. The Way We Keep Dancing
    The Way We Keep Dancing karya Adam WONG adalah sekuel yang paling ditunggu-tunggu setelah sukses filmnya di tahun 2013, The Way We Dance. Film yang mengangkat budaya tari jalanan di Hong Kong ini dibintangi para penari profesional, termasuk Cherry Ngan dan Babyjohn Choi. Mereka adalah penari-penari profesional yang dihadapkan pada masalah anak muda dan kreativitas mereka, termasuk kerumitan kehidupan sosial mereka.
  6. One Second Champion
    AFA Academy program Indonesia akan ditutup dengan debut penyutradaraan dari musisi-aktor, CHIU Sin-hang, melalui One Second Champion. Film ini menduduki puncak box office pada perilisannya di bulan Maret 2020. Terlahir dengan kemampuan untuk melihat satu detik ke masa depan, seorang ayah mengambil hadiah pertandingan berkelahi untuk mendanai operasi bagi putranya yang mengalami gangguan pendengaran.

Ketua AFA Academy, Wilfred WONG menuturkan bahwa pemerintah Hong Kong akan memfasilitasi pengembangan jangka panjang industri perfilman Hong Kong. “Misi Hong Kong Film Gala Presentation 2021 adalah untuk memperkuat pertukaran film dan budaya, menyediakan platform internasional untuk mempromosikan hubungan antara bisnis film, dan menyatukan para profesional film dari negara-negara ASEAN,” ucap Walfred dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (1/11/2021).
Selain Indonesia, tiga negara ASEAN lainnya yang menjadi tuan rumah Hong Kong Film Gala Presentation 2021 adalah Malaysia, Singapura, dan Thailand. Semua pemutaran film tersebut nantinya dalam bahasa asli Kanton dengan teks bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Click here to access the full article.