Dua Film Indonesia Jadi Terfavorit di Balinale 2013

(Dari kiri) Sutradara Endri Pelita, aktris Happy Salma, dan aktor Rizky Hanggono menerima penghargaan Best Feature untuk Air Mata Terakhir Bunda di Balinale 2013. (sumber foto: Facebook page Balinale)

Air Mata Terakhir Bunda dan 9 Summers 10 Autumns, mendapatkan Audience Choice Award di Balinale International Film Festival 2013.

Kemenangan Air Mata Terakhir Bunda dan 9 Summers 10 Autumns merupakan yang kesekian kalinya sejak kalinya dalam penyelenggaraan Balinale, film-film Indonesia berhasil merebut perhatian penonton. Namun, untuk tahun ini pertama kalinya kedua kategori ini jatuh kepada dua film panjang Indonesia berbeda.

Sebelum ini, Catatan Harian Si Boy di tahun 2011 dan film Lovely Man di tahun 2012 juga menjadi favorit penonton untuk kategori Best Feature. Bahkan, Lovely Man karya Teddy Soeriaatmadja dan dibintangi Donny Damara ini juga sekaligus memboyong Best Overall Film.

Kembali terpilihnya film-film Indonesia sebagai favorit penonton seperti mengaminkan visi dan tujuan dari festival yang turut diprakarsai aktris Christine Hakim ini. Dengan semakin disukainya film-film Indonesia, keberadaan Balinale sebagai satu-satunya festival film internasional di Indonesia saat ini mulai menunjukkan hasil dalam mempromosikan film karya anak bangsa kepada publik internasional.

Hal tersebut persis seperti disampaikan Deborah Gabinetti, salah satu pemrakarsa sekaligus director festival ini, dalam konferensi persnya di Jakarta , 19 September lalu. “Tahun lalu film Indonesia, Lovely Man mendapat (Audience Choice Award) Best Feature, dan Donny Damara mendapat Best Actor. Ini membuktikan bahwa penonton festival saat itu, yang sebagian adalah kalangan ekspatriat, mulai menyukai film Indonesia,” tutur Deborah.