Balinale 2022 Umumkan Kerja Sama Spektakuler dengan Julliard

posted in: News June 2022
Balinale 2022 Umumkan Kerja Sama Spektakuler dengan Julliard

Jakarta – Balinale 2022 sebelumnya menarik perhatian lewat program kolaborasi bersama pihak Hong Kong dengan menggelar acara bertajuk Making Waves. Kini festival film itu kembali mengumumkan proyek kolaborasi dengan salah satu sekolah kesenian asal Amerika Serikat yakni The Juiliard School dengan program yang disebut Art of the Score.

Menyadari elemen musik dan unsur audio sangat menunjang performa dalam film, program satu ini secara khusus akan ditujukan kepada para komposer, musisi, sekaligus filmmaker muda Indonesia dalam menciptakan musik orisinil.

Dengan dihelatnya program kolaborasi Art of the Score ini diharapkan bisa menjadi tempat berbagi ilmu sekaligus menjadi contoh bagi para sineas muda Indonesia bagaimana sekolah bertaraf internasional sekelas The Juiliard School dalam mengolah musik di dalam film.

The Juilliard School sendiri memang diketahui sudah sangat besar namanya dalam bidang kesenian, mulai dari drama, tari, hingga musik.

Sekolah yang memiliki konservatorium seni pertunjukan paling bergengsi di dunia bahkan telah mencetak nama-nama besar artis Hollywood seperti Robin Williams, Anthony Mackie, Oscar Isaac, Adam Driver, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu saja, Balinale 2022 juga telah mengumumkan program resmi mereka yang mencakup 63 film yang akan mewakili sekiranya 26 negara yang terlibat.

Dibagi ke dalam beberapa kategori utama yakni film dokumenter serta dokumenter pendek, kemudian film cerita panjang dan cerita pendek.

Beberapa film garapan anak bangsa seperti Preman (Indonesia) dalam kategori film cerita panjang, A Letter To My Wife (Indonesia) dalam kategori dokumenter pendek, dan Tris (Indonesia) dalam kategori film cerita pendek juga akan memeriahkan gelaran Balinale tahun ini.

Selain itu, Balinale 2022 juga telah menghadirkan juri-juri berkompeten dalam hal teknis, artistic, dan filmis. Di antaranya ialah Robert Chappell (Sinematografer dan Sutradara), Ismail Basbeth (Produser, Sutradara, dan Penulis), IGP Wiranegara (Sutradara), Kelli Swazey (Penulis dan Sutradara), dan Robin Gurney (Produser).

Balinale merupakan event besar bertaraf internasional di Asia Tenggara dan akan diselenggarakan mulai 9 hingga 12 Juni 2022. Pembelian tiketnya sendiri telah dibuka sejak 21 Mei melalui website resminya, http://www.balinale.com/festival.

source: https://hot.detik.com/movie/d-6115157/balinale-2022-umumkan-kerja-sama-spektakuler-dengan-julliard