BALINALE 2019 ‘Tergila-gila’ kini menjadi juara di Lomba Film Pendek

NusaBali.com - Para filmmaker di Lomba Film Pendek di Festival Bali Jani.-YULIA

Film Tergila-gila sebelumnya ditayangkan di Bali International Film Festival (Balinale) 2019

DENPASAR, NusaBali.com
Setelah sebelumnya menjadi salah satu film pendek yang ditayangkan di Bali International Film Festival (Balinale) 2019, film ‘Tergila-gila’ karya Nirartha Bas Diwangkara kini menjadi juara di Lomba Film Pendek serangkaian Festival Seni Bali Jani padaSelasa (29/10/2019). Film ini sendiri merupakan film perdana yang diproduksi oleh komunitas Film Produksi.

“Komunitas ini terbentuk pada 2018 akhir, lalu 2019 kami produksi film pertama berbentuk fiksi, ya Tergila-gila ini,” ujar Sutradara film Tergila-gila, Nirartha Bas Diwangkara.

Film ini mengangkat sebuah isu sosial yang mana tokoh utamanya mengalami konflik batin yang dialami seorang remaja di masa pubertas, dan memiliki perasaan tak wajar kepada paman si tokoh utama yang memiliki penyakit kejiwaan ‘schizophrenia’, namun pada saat yang bersamaan juga menyukai salah seorang teman sekelasnya yang dianggap populer.

Sekilas, film ini terlihat memberi pesan kepada penonton mengenai kesehatan mental. Hal ini tidaklah salah, namun, sisi lain yang juga ingin ditunjukkan oleh Nirartha ada pada si tokoh utama yang mengalami konflik batin pada saat pubertas. Penggambaran latar tokoh utama yang diceritakan berasal dari keluarga berkasta ala Bali merupakan pesan dari sang sutradara bahwa permasalahan ini mencakup ranah sosial yang bersifat umum, bahwa permasalahan serupa dapat terjadi kepada siapa pun.

Sejumlah tantangan dihadapi selama proses pembuatan film ini, terutama saat casting aktor yang akan berperan dalam film ini. “Kita agak kesulitan mencari aktor remaja, karena ketika dibaca scriptnya agak menjurus begitu, akhirnya bertemu dengan orang-orang dari Teater Kalangan,” lanjut Nirartha.

Meskipun merupakan film pertama dari komunitas yang baru dirintisnya sejak 2018 lalu, namun film ini telah mendapatkan sejumlah respons positif. Salah satunya yaitu dengan ditayangkannya film ini pada event Balinale 2019 yang lalu. *yl

source: https://www.nusabali.com/index.php/berita/62297/tergila-gila-juara-film-pendek-di-festival-seni-bali-jani-2019

Recent News