Balinale 2015 Digelar September Mendatang

Bali International Film Festival atau Balinale akan segera masuk ke penyelenggaraannya yang kesembilan di tahun 2015 ini.

Panitia Balinale pun telah memastikan akan kembali menggelar festival ini pada 24 s.d. 30 September. Saat ini, Balinale membuka pendaftaran bagi para sineas yang hendak menayangkan filmnya di festival tahun ini, dengan mengambil tema Face of Diversity.

Balinale juga mengumumkan bahwa kegiatan festival kini akan dipusatkan di tempat baru. Film-film dan kegiatan Balinale 2015 bakal berlangsung di bioskop Cinemaxx terbaru, yang terletak di Lippo Mall Kuta, kawasan Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

Balinale merupakan salah satu festival film internasional di Indonesia, yang memutarkan film-film dari berbagai negara. Tahun lalu, festival ini telah memutar 60 film dari berbagai negara di dunia, baik film panjang, pendek, fiksi, maupun dokumenter. Di antaranya juga terdapat film-film nasional dan internasional yang untuk pertama kalinya diputar untuk umum (premiere).

Selain itu, festival yang digagas Yayasan Bali Taksu Indonesia ini juga mengadakan berbagai kegiatan terkait lainnya, seperti diskusi panel, program amal untuk anak-anak sekolah setempat, juga pemberian penghargaan. Secara khusus untuk tahun ini, Balinale akan kembali mengaddakan segmen American Film Showcase (AFS), bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Dalam AFS, akan diadakan pemutaran film-film pilihan dari AS, sekaligus didatangkan para filmmaker terkait.

Tahun ini, Balinale juga membuka kesempatan bagi para filmmaker untuk mendaftarkan filmnya di festival tahun ini. Balinale 2015 akan memilih film yang akan diputar berdasarkan tema Face of Diversity, yaitu film-film yang menunjukkan dan memaparkan dengan kekayaan keanekaragaman manusia, tempat, budaya, dan keyakinan. Pendaftaran festival ini dapat dilakukan melalui aplikasi withoutabox.com.