Balinale 2014 Siap Digelar di Cinema XXI BeachWalk Kuta Bali

Balinale atau Bali International Film Festival yang ke-8 siap digelar. Bertemakan 'Focus on Women', pastinya akan ada perbedaan dari penyelenggaraan Balinale sebelumnya. Hal itu terbukti dari 59 film yang nantinya akan diputar di Cinema XXI, BeachWalk Kuta, Bali, pada 12 sampai 18 Oktober 2014.

Ke-59 film tersebut diambil dari 18 negara berbeda, yangmana ada 23 negara di Asia, 2 internasional, 3 world premieres. Jika dibandingkan dengan penyelenggaraannya tahun lalu yang hanya memutar 37 film, jelas Balinale 2014 ini mengalami kemajuan yang sangat pesat dan signifikan. Berbagai karya film dari penjuru dunia pun ditayangkan di sana. Sebut saja ada Manto Acuifero dari Meksiko, Oh Lucy! dariJepang, TIR dari Italy, A Girl at My Door dari Korea Selatan, chimbaredari Spanyol, dan masih banyak lagi.

Tak kalah dengan negara lain, Indonesia sebagai penyelenggara juga punya beberapa film yang berhasil lolos ke ajang Balinale 2014. 12 Menit: Kemenangan untuk Selamanya, Slank Nggak Ada Matinya, dan Bajaj Bajuri The Movie. Sedangkan kejutan lain, terdapat di acara Free Open Air Cinema, yang diantaranya terdapat film Indonesia seperti Garuda Superhero, Perjalanan,Onomastika, Again, dan Volcanic Rock Breakers of Batur.

Mengenai penyeleksian film-film yang akan diputar di Balinale 2014 dan keterkaitannya dengan tema yang diusung, Deborah Gabinetti selaku salah satu Founder Balinale 2014 mengatakan kalau para juri telah mensejajarkan film sesuai standard mereka, tanpa memilih-milih apakah film ini dari Indonesia atau bukan.

"Balinale 2014 tentunya memiliki taraf tersendiri. Dan film-film Indonesia yang lolos ke ajang ini sudah melalui beberapa tahapan. Kami mensejajarkansemua film dengan standard kami, dan kalau film Indonesia mampu lolos dengan sejumlah film, itu adalah kebanggaan tersendiri bahkan bagisaya," tuturnya saat ditemui di acara konferensi pers Balinale 2014 di Tee Box, Wijaya, Jakarta. (25/9) Balinale 2014 akan meliputi sejumlah rangkaian acara berupa pemutaran film, baik itu film pendek, film dokumenter, maupun film panjang. Ada pula spesial preview screening yang akan diadakan di acara free open air cinema, dan juga filmmakers in attendance.

Bagi Anda yang ingin menghadiri acara Balinale 2014 dan melihat film-film yang diputar di sana, dapat langsung datang ke Cinema XXI BeachWalk, Kuta, Bali, mulai 12 hingga 18 Oktober 2014. Untuk info lebih lengkap silakan mengunjungin situs www.balinale.com.