Bajaj Bajuri Bakal Bersaing di Festival Film Internasional

Bali Internasional Film Festival (Balinale) 2014 siap digelar di Kuta, Bali, 12 hingga 18 Oktober mendatang. Sebanyak 59 film dari berbagai belahan dunia siap bersaing memperebutkan penghargaan dalam lima kategori. Yang membanggakan, 7 film di antaranya berasal dari Indonesia.

Tujuh film tersebut adalah â??Bajaj Bajuri the Movieâ?, â??Slank Nggak Ada Matinyaâ?, â??12 Menit Untuk Selamanyaâ?, â??Againâ?, â??Perjalananâ?, â??Maryamâ?, dan â??Urbanus Apartemenitusâ?. Deborah Gabinetti, salah satu penggagas Balinale, mengatakan jika film dari Indonesia juga memiliki peluang untuk menang di acara ini.

â??Film dari Indonesia akan mempunyai kesempatan yang sama untuk menang. Mereka berhadapan langsung dengan film dari luar. Kami tidak mengelompokkan atau memisahkan film lokal dan luar,”  ungkap Deborah seperti dilansir dari Kompas, Jumat (26/9/2014).

Pencapaian ini jelas membanggakan bagi Indonesia. Pasalnya, tidak mudah untuk masuk ke dalam festival berskala internasional yang sudah diadakan delapan kali tersebut. Deborah mengungkap jika awalnya mereka harus meyeleksi 200 film dari 35 negara.

“Tidak mudah menyeleksi film-film tersebut. Asal tahu saja, film-film yang mendaftar bukan film sembarangan. Mereka punya jalan cerita yang sangat menarik untuk ditonton,” terangnya.

Tak main-main, ketujuh film karya anak bangsa itu akan bersaing dengan film-film terbaik lainnya. Di antaranya ada â??La Grande Bellezaâ? dari Italia yang sebelumnya berhasil mendapatkan gelar film berbahasa asing terbaik di Oscar. Ada juga â??A Girl at My Doorâ? dari Korea Selatan yang pernah dinominasikan dalam UN Certain Regard Award 2014.

Balinale 2014 akan memberikan lima macam penghargaan. Yakitu Best Short Film, Best Feature Film, Best Documentary Film, Best Overal Film, dan Special Recognition or Appreciation. Pemenang ditentukan oleh para penonton yang hadir di festival ini. (nrl)

source: http://jadiberita.com/42977/bajaj-bajuri-bakal-bersaing-di-festival-film-internasional.html