3 Film Indonesia Diputar di Festival Film ASEAN

ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA). cliveworld.com

TEMPO.COJakarta - ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2013 akan digelar di Kuching, Serawak, Malaysia, pada 28 Maret hingga 31 Maret 2013. Tiga film Indonesia yang sudah berpartisipasi sejak awal adalah film 5 CM, Cinta Tapi Beda, dan Habibie & Ainun.

Livan Tajang, Direktur Proyek AIFFA 2013, mengatakan, festival ini selain memantapkan kerja sama produksi antar pembuat film, juga memberikan penghargaan kepada pembuat film atas karya terbaik mereka di layar bioskop tingkat ASEAN. “Kita semua berkumpul melihat keahlian para pembuat film, artis ternama berbagai negara, dan berbagi keceriaan dengan penggemar film,” kata Livan, Senin, 21 Januari 2013.

Penyelenggara AIFFA menunjuk Balinale International Film Festival sebagai mitra penyelenggara festival film AIFFA 2013, karena menganggap Balinale memiliki pengalaman dalam merealisasikan kerja sama produksi film antarnegara, memahami industri film Indonesia dan mancanegara,” Serta memiliki pengetahuan mempromosikan film,” kata Livan.

Balinale 2011 sukses mengakomodasi penyelenggaraan festival film ASEAN terkait dengan konferensi ASEAN Summit ke-19. Anggota juri internasional untuk penyelenggaraan AIFFA adalah Deborah Gabinetti, direktur Bali Film Center dan pendiri Balinale Internasional Film Festival.

Menurut Livan, dengan dukungan Kementerian Pariwisata Sarawak, pemerintahnya akan menyediakan fasilitas dan keindahan lokasi syuting film. Untuk diketahui, film Farewell To The King (1989) dan The Sleeping Dictionary (2003) yang diperankan aktris Hollywood, Jessica Alba, syutingnya dilakukan di pedalaman Sarawak.

EVIETA FADJAR

source: https://seleb.tempo.co/read/455977/3-film-indonesia-diputar-di-festival-film-asean/full&view=ok

Recent News